Wisata jogja gunung kidul atau lebih dikenal dengan Jogja merupakan kota wisata, kota budaya dan kota kuliner. Keindahan tempat wisatanya terkenal di nusantara bahkan sampai luar negeri. Saat waktu libur, wisatawan lokal, luar daerah dan manca negara selalu memenuhi tempat wisata di Jogja. Wisatawan menghabiskan waktu libur untuk menikmati keindahan Kota Yogyakarta.

Salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang banyak tempat wisatanya yaitu Kabupaten Gunung Kidul. Kabupaten Gunung Kidul berada di wilayah timur Yogyakarta. Wilayah ini termasuk daerah pegunungan. Daerah utara beriklim sejuk karena berbukit dengan ketinggian150-700 mdpl. Daerah selatan sudah mulai panas karena ketinggian 150-0 mdpl. Wilayah pesisir banyak terdapat batu kapurnya.

Walau saat kemarau tanah tandus dan kekeringan, Kabupaten Gunung Kidul memiliki potensi wisata unggulan yang mempesona. Mulai dari pantai, air terjun, goa, spot-spot foto yang menarik dan masih nanyak lainnya. Kabupaten Gunung Kidul menjadi wisata kuliner yang lezat, menu yang terkenal yaitu sego abang lombok ijo.

Berikut tempat wisata Jogja yang berada di Gunung Kidul:

1.Gua Pindul

Gua Pindul atau Goa Pindul adalah salah satu tempat wisata Jogja yang terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung sejak diresmikan tanggal 10 Oktober 2010. Wisata yang disuguhkan yaitu cave tubing atau menyusuri goa menggunakan ban pelampung mengikuti aliran air. Sumber mata airnya dari Gedong Pitu.

Cave tubing mulai dari mulut goa sampai ujung berjarak 350 meter dan ditempuh dengan waktu perjalanan 1 jam berakhir pada sebuah dam. Wisatawan tidak perlu takut dan khawatir karena cave tubing ini akan dipandu oleh pemandu yang profesional. Lokasinya terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Apabila dari Kota Jogja, jarak tempuh mencapai 1 jam perjalanan.

2.Bukit Bintang

Bukit Bintang terletak di perbukitan Pathuk, Gunung Kidul dengan ketinggian mencapai 150 meter. Menjadi salah satu tempat wisata hits yang banyak dikunjungi kawula muda. Tempat wisata Jogja ini menyajikan pemandangan malam yang kelap kelip seperti bintang. Kelap kelip cahaya berasal dari pancaran lampu-lampu di wilayah Yogyakarta. Ditambah hawa sejuk yang menenangkan, tempat wisata Jogja ini membuat kenangan yang tak terlupakan.

3.Puncak Kosakora

Puncak Kosakora atau bukit Kosakora adalah tempat wisata Jogja berupa bukit karst yang segaris dengan pantai di Gunung Kidul. Puncak ini mencapai ketinggian 50 Mdpl sehingga wisatawan bisa melihat keindahan pemandangan pantai yang di bawahnya. Dengan latar belakang landscape, wisatawan bebas berselfie yang menghasilkan foto apik. Apalagi kalau pagi atau sore hari, menikmati sunrise dan sunset dengan pemandangan cantik, menjadikan kenangan tak terlupakan.

4.Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah satu tempat wisata Jogja di Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, yang keindahannya sangat memukau. Yaitu keindahan pantai yang sangat unik. Kalau kebnyakan pantai menyuguhkan hamparan pasir luas, di Pantai Timang ini  hanya terdapat sedikit pasir putih. Pantai ini dipenuhi bebatuan karang. Namun, justru itulah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Di seberang pantai ada sebuah pulau karang kecil. Untuk menikmati keindahan pulau itu, wisatawan harus naik kereta gantung (gondola) atau jembatan gantung. Ombaknya pun begitu besar. Wisatawan bisa berselfi di pulau karang sambil menikmati indahnya pulau karang dikelilingi ombak besar. Apabila wisatawan takut naik gondola atau jembatan gantung, wisatawan tetap bisa menikmati indahnya pulau karang dari kejauhan  sambil berfoto merasakan segarnya udara pantai.

5.Gunung Api Purba Nglanggeran.

Salah satu tempat wisata Jogja yang populer yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Dahulu kira-kira 60-70 juta tahun yang lalu, gunung ini merupakan gunung api yang aktif seperti gunung api lainnya. Namun karena lekang waktu, gunung ini sudah tidak aktif lagi. Bedanya, Gunung Api Purba tidak berbentuk kerucut dan tidak memiliki kawah. Bentuknya seperti gugusan bebatuan raksasa tinggi menjulang yang ditumbuhi bermacam-macam flora dan dihuni bermacam fauna. Puncak tertinggi mencapai 700 mdpl. Wisatawan harus mendaki melewati jalan setapak untuk mencapai puncak gunung.

Gunung yang terletak di Pathuk Gunung Kidul ini sangat indah untuk dinikmati ketika sunrise dan sunset. Karena di puncak bukit, wisatawan bisa menikmati hawa sejuk pegunungan sambil melihat hamparan hijau pemandangan bawah bukit. Ditambah sinar matahari yang cantik, liburan menjadi kenangan yang indah.

× Hubungi Kami