Dunia Rental Jogja – Siapa yang tidak kenal dengan situs Candi Hindu Terbesar di Indonesia Candri Prambanan?

Wisata Candi Prambanan banyak dikenal oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara, sebab memiliki intrik kisah asmara legenda penciptaan menarik serta pemandangan nan eksotis. Situs ini juga disebut-sebut sebagai Candi Hindu terbesar di Indonesia. Yakin tidak ingin berkunjung?

Sejarah Candi Prambanan

Sebelum sempat mengunjungi, biasanya orang akan mengenal Prambanan dari legendanya terlebih dahulu yaitu Roro Jonggrang. Dia diceritakan merupakan putri cantik yang dikutuk menjadi batu akibat kecurangannya membohongi seorang pangeran yang membuatkan seribu candi.

Adapun sejarah aslinya, prasasti Shivarga menyebutkan bahwa candi ini dibangun pada tahun 850 M pada masa Rakai Pikatan, salah satu Raja Kerajaan Mataram Kuno dari Wangsa Sanjaya untuk menghormati Dewa Siwa (Hindu). Prambanan menjadi primadona unggulan sebelum ibukota dipindahkan.

Candi ini juga sudah mengalami beberapa kali pemugaran semenjak masa Belanda hingga Reformasi.  Menurut data sumber, rekontruksi pertama dilakukan pada tahun 1918 oleh gubernur Belanda. Selanjutnya terhitung 4  pelaksanaan lagi dan yang terakhir diresmikan oleh Soekarno.

Spot Terindah di Candri Perambanan

Meskipun sudah tidak sepenuhnya sempurna, namun Prambanan masih menawarkan banyak sekali panorama yang indah. Bentuk candi ini pun unik karena menyerupai gunung Semeru dan memili tiga bagian lokus. Pokoknya, eksplorasi di tempat ini tidak akan membosankan. Ada apa sajakah di sini?.

Langit Senja di Atas Prambanan

Ketika Kamu menikmati situs Candi Prambanan di sore hari, cobalah untuk duduk sejenak menikmati pemandangan tumpukan batu bata eksotis, di lengkapi dengan background warna langit yang kemerahan. Jangan lupa juga untuk mengabadikan foto dengan panorama tersebut ya!

Panorama Kemegahan yang Indah

Hal ini juga merupakan satu bagian lain dari situs Prambanan selain Candi itu sendiri. Setiap bangunan dipisahkan oleh hamparan rumput hijau yang rapi dan akan memanjakan pandangan mata. Para wisatawan biasanya berfoto dengan view penuh, bangunan beserta panorama nya

240 Jumlah Candi yang Menjulang dengan Teratur

Selanjutnya, Kawasan wisata Prambanan ini memiliki 240 jumlah candi yang membentuk bagaikan kompleks bangunan teratur. Selain itu, di pintu masuk juga terdapat sebuah patung Air Mancur Menari nan eksotis.

Selain berbagai keindahan di atas, wisata Prambanan juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Yaitu restoran, tempat ibadah dan istirahat, lapangan, taman, kios souvenir dan lain-lain. 

Alamat Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di JL Raya Solo-Jogjakarta no 16 Kranggen Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Kamu dapat mencapainya dengan angkutan umum manapun antar kedua kota tersebut.

Apabila sedang melakukan perjalanan pribadi, Kamu dapat menggunakan fasilitas Google Maps dalam Smartphone untuk mengakses layanan rute, juga dapat dengan mengikuti rambu-rambu yang terpasang di jalan.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Adapun jam operasional wisata di Jogja Candi Prambanan yaitu mulai pukul 06.00 wib – 17.00 wib. Harga Tiket Masuk ke Pramban (HTM) nya bervariasi berdasarkan usia. Untuk wisatawan berusia 10 tahun keatas dikenai harga Rp 50.000 per-orang.

Bagi Pengunjung dengan usia 3-10 tahun mendapat harga Rp 25.000 per-anak. Adapun Tarif khusus rombongan pelajar lebih dari 20 orang yaitu Rp 25.000 tiap kepala.  .

Demikianlah ulasan terkait dengan Candi Prambanan. Semoga bermanfaat untuk menambah list daftar tempat wisata untuk Kamu kunjungi. Happy Holiday!