Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta {Jogja} merupakan salah satu dari 34 propinsi di indonesia.Propinsi ini di bagi menjadi 5 daerah tingkat II yaitu  kotamadya Yogyakarta ,Kabupaten Bantul,Kabupaten Sleman,Kabupaten Kulon Progo ,dan Kabupaten Gunung Kidul ,

Luas Yogyakarta sekitar 3,186 km persegi dan propinsi ini terkenal sebagai kota kebudayaan dan pendidikan ,selain sebagai daerah tujuan wisata .Secara administrasi ,Yogyakarta berbatasan dengan kabupaten magelang [di sebelah Barat Laut], Klaten [di sebelah timur] ,Kabupaten Wonigiri [di sebelah Tenggara ] ,samudra indonesia [di sebelah selatan],dan kabupaten Purworejo [di sebelah Barat] .Yogyakarta terkenal sebagai kota pendidikan karena banyak perguruan tinggi terkenal di Yogyakarta ,banyak mahasiswa dari pelosok tanah air yang tinggal ntuk menuntut ilmu.

Yogyakarta terkenal karena perannya yang besar dalam sejarah kemerdekaan indonesia ,Jalan malioboro diambil dari nama Duke of marlborough,merupakan jalan utama yang membelah kota yogya

Yogya,terletak memanjang dari utara ke selatan mulai dari stasiun tugu hingga ke kraton yang terletak di ujung jalan. Jalan malioboro ini menyambung ke jalan A Yani yang juga dianggap jalan malioboro.Toko-toko cenderamata dan pedagang kaki lima memenuhi sisi jalan.

Kawasan kraton adalah komplek bagunan  yang dikeliling tembok yang dulunya merupakan pusat dari kota Yogya tua. Istana sultan terletak di tengah komplek ini. Kawasan kraton ini menjadi semacam kota kecil di dalam Yogya,seperti kota di dalam kota.Di sini anda akan menemukan Taman Sari, (Tempat berkumpulnya Raja dan keluarga) dan sejumlah galeri batik.