Gunung  yang baru saja meletus pada akhir tahun 2010 merupakan gunung paling aktif di dunia. Wisata lava Merapi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menyaksikan sisa bekas bencana alam yang menghancurkan beberapa dusun di kaki Gunung Merapi. Di sana wisatawan dapat menyaksikan betapa Maha Kuasanya Sang Pencipta.

Wisatawan dapat menyewa jeep yang disediakan oleh Merapi  Jeep Tour Community. Dan bagi wisatawan asing akan ditemani pemandu. Bagi wisatawan yang menginginkan jalur Semi Ekstrim, maka jalur jeep akan melewati Sungai Opak.Sungai Opak merupakan salah satu sungai yang berhulu di lereng Gunung Merapi sebelah selatan dan dilewati lahar dingin sesudah erupsi Gunung Merapi tahun 2010.

Di Kampung  Kaliadem, yang dulunya merupakan daerah wisata alam dan sekarang tertutup material erupsi , wisatawan dapat menikmati keindahan Gunung Merapi dengan jarak dekat sekaligus menikmati keindahan Kota Yogyakarta dan sekitarnya apabila cuaca cerah. Dan di Sungai Gendol  terdapat satu fenomena yaitu apabila terjadi aliran lahar dingin, maka material panas yang terkena aliran air dingin menyebabkan letupan-letupan kecil  dan menghasilkan asap belerang.Di Kaliadem ini terdapat bunker  yang  dibangun pada tahun 2005.Bunker digunakan untuk berlindung dari awan panas apabila terjadi letusan Merapi yang berbentuk awan panas.Dan pada letusan Merapi tahun 2006 menewaskan 2  orang.

Juga terdapat Batu Alien,batu besar dari Merapi yang sekilas memiliki bentuk muka seorang kakek yang bersedih hati dan menurut warga setempat memiliki kekuatan magic. Di sana wisatawan bisa mengunjungi  Museum Mini Sisa Hartaku yang menyimpan benda-benda bekas erupsi Merapi  tahun 2010 terdiri dari tulang ternak,jam erupsi,botol leleh,gelas leleh,uang logam leleh,gamelan,sepeda motor dan lain-lain.Juga,wisatawan dapat berziarah di makam Mbah Maridjan, yang merupakan Juru Kunci GunungMerapi.