Transportasi Canggih Hyperloop

Transportasi Canggih HyperloopTransportasi Canggih Hyperloop – Bepergian tanpa macet dengan kecepatan tinggi sehingga dapat sampai hingga tujuan dengan pesat menjadi harapan banyak orang. Salah satu harapan untuk menghasilkan harapan itu yakni dengan menggunakan kereta hyperloop, alat transportasi yang akan bergerak nyaris seimbang dengan kecepatan suara, mampu mencapai waktu Jakarta-Yogyakarta cuma dalam 25 menit.

Bagaimana sebetulnya konsep kereta hyperloop yang dikenalkan ke Indonesia oleh Bibop G Gresta, co-founder Hyperloop Transportation Technologies. Bagaimana transportasi canggih hyperloop tersebut dapat menempuh Jakarta-Yogyakarta dalam waktu lebih singkat daripada pesawat?

Konsep dari transportasi semacam hyperloop sebetulnya telah dicetuskan pada dekade lalu. Tetapi, ilustrasi gamblang dari hyperloop baru ada di tahun 2012, yang diuraikan oleh Elon Musk, seorang visioner yang juga merupakan pendiri perusahaan teknologi antariksa SpaceX.

Transportasi Canggih Hyperloop

Musk yang mencetuskan transportasi canggih hyperloop sebagai alat transportasi yang bergerak dalam sebuah tabung panjang. Penumpang diangkut dengan kapsul-kapsul yang masing-masing berbobot 28 orang. Jalanan kereta hyperloop sendiri ialah jalanan layang yang dibangun di atas pilar beton.

Hyperloop tak cuma mengaplikasikan prinsip elektromagnet seperti layaknya kereta peluru maglev tapi juga mengadopsi prinsip termodinamika dan dinamika fluida. Secara lazim, ada 4 hal penting yang membikin hyperloop cakap bergerak pesat.

Pertama, transportasi canggih hyperloop digerakkan oleh dua motor elektromagnetik. Dengan ini, hyperloop diinginkan dapat menempuh kecepatan sampai 1.200 km/jam. Sebagai ilustrasi, kecepatan pesawat sekarang sekitar 900 km/jam dan kecepatan kereta maglev 600 km/jam.

Transportasi Canggih Hyperloop

Kantrowitz Limit mengungkapkan, ketika sebuah benda bergerak dalam tabung semivakum, udara di komponen benda itu akan termampatkan. Pada akibatnya, udara itu yang justru menghalangi kecepatan gerak benda. Ini persis seperti jarum suntik. Kipas angin besar dan kompresor memperlancar aliran udara ke dalam kapsul dan sekitarnya.

Bagian penting lainnya yakni air bearing. Pada intinya, air bearing yakni bantalan sepanjang 1,5 meter yang diaplikasikan untuk menjadikan udara bertekanan rendah. Air bearing akan membuat kapsul bergerak melayang, persis seperti interaksi magnet dengan kutub yang sama pada kereta Shinkansen.

Bagaimana caranya? Kipas angin besar dan kompresor akan mengantarkan udara ke air bearing ini. Udara langsung diubah tekanannya menjadi lebih rendah. Dengan ini, udara menolong melayang sekalian meminimalkan friksi dengan tabung, mengoptimalkan kecepatan.