Duta Besar Polandia untuk Indonesia, HE Tadeusz Swumowski mendatangi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk mempromosikan Universitas dan juga mahasiswa antar-Polandia dan Indonesia, khusunya Yogyakarta.

Seusai pertemuan yang dilaksanakan di Ruang Kerja Gubernur DIY, Swumowski menjelaskan bahwa di Polandia terdapat kota yang memiliki karakteristik mirip dengan Yogyakarta, yakni Krakow.

“Krakow adalah salah satu kota tertua di Polandia dan ada kerajaan juga di sana. Selain itu ada banyak Universitas di sana, yang terbesar dan tertua di Benua Eropa ada di Krakow,” jelasnya kepada Wartawan, Selasa (31/1/2017).

Seperti Yogya, Krakow pun punya sejarah yang panjang. Hal tersebut yang membuatnya merasa antara Krakow dan Yogyakarta memiliki banyak kecocokan.

Selain itu, Swumowski juga menceritakan bahwa saat ini sekitar 4.000 mahasiswa Indonesia tengah menempuh studi di Polandia.

Ada banyak beasiswa yang disediakan Pemerintah Polandia untuk anak muda Indonesia.

“Beasiswa paling banyak di bidang teknik, namun untuk bidang lain juga ada,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, bahwa ada dua jenis beasiswa yang bisa diambil mahasiswa Indonesia.

Bila mereka memilih menempuh pendidikan dengan menggunakan Bahasa Inggris, maka masa studi mereka adalah dua tahun.

Sementara untuk Bahasa Polandia, mereka menempuh masa studi tiga tahun karena tahun pertama digunakan untuk pendalaman untuk Bahasa Polandia.

“Anak-anak muda, terutama mahasiswa ini adalah masa depan hubungan Indonesia dan Polandia,” tandasnya. (tribun)