Kedung Jati

kedung jatiKedung Jati РCara seru dan mengasyikan dalam menikmati salah satu sungai yang  terpanjang di Jogja, karena disana terdapat batu besar mirip wajah seekor kera. Kedung Jati yakni sebuah daerah dengan salah satu sisi dari sungai Oya yang memiliki kedalaman sampai 10 meter. Pemandangan alam sungai hal yang demikian dapat dirasakan dari pelbagai sudut di dataran tinggi sekitar Bantul dan juga Gunung Kidul.

Sungai yang gagah dan legendaris itu mempunyai pesona tersendiri untuk dirasakan. Salah satu area yang dapat digunakan untuk merasakan keindahan pemandangan Sungai Oya dari dekat yakni Kedung Jati. Dulu sekitar tahun 1990-an, jalan menuju ke sana masih berupa tanah licin dan penuh dengan bebatuan curam. Kedung Jati mempunyai suasana alam yang masih alami. Batuan-batuan besar di sekitar kedung menjadi panorama alam yang sungguh cantik mempesona.

Kicauan khas burung-burung hutan di pinggir sungai bisa mewarnai pagi yang cemerlang. Bunyi angin yang menembus dari tebing batuan dan bukit sekitarnya, memberikan nuansa yang tenang di sekitar daerah tersebut.

Kedung Jati

Ada salah satu batu yang tinggi membumbung di sisi utara. Berdasarkan keterangan dari warga sekitar, seandainya tak tertutup tanaman-tanaman hijau yang lebat, batu besar yang sekilas menonjol itu menyerupai wajah seekor kera. Dan di puncak batu besar itu masih banyak kera liar yang berkeliaran.

Kedung Jati yang berlokasi di Dusun Kedung Jati, Selopamioro Imogiri Bantul ini juga mempunyai potensi alam berupa ikan sidat. Kedung ini juga seringkali dikunjungi para pemancing dari bermacam penjuru tempat untuk mencari ikan sidat. Suasana teduh dan angin semilir di antara batuan-batuan besar, serta sinar mentari pagi menembus bukit-bukit kecil di sekitar Kedung, menjadikan kedung ini terasa nyaman untuk dikunjungi. Cocok untuk sekedar merasakan alam yang masih sungguh-sungguh alami atau memancing ikan-ikan.

Aliran air yang terasa hening memunculkan sedikit pusaran air, memberikan isyarat mengenai kedalaman kedung tersebut. Pengunjung bisa merasakan aliran Sungai Oya, dengan duduk di pinggir batuan-batuan sungai lebar. Di sebelah barat kedung itu terdapat sebuah kantor PDAM yang berguna dalam memenuhi kebutuhan air di Desa Selopamioro.

Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa lewat Jalan Imogiri Barat, sampai menuju ke Sekolah Polisi Negara (SPN). Sebelum hingga ke SPN belok kanan lalu ikuti jalan perdesaan sekitar 2 km. Traveler akan menemui papan penunjuk jalan yang memberikan penunjuk arah ke Kedung Jati.Jalan aspal berliku juga menyuguhkan pemandangan alam persawahan yang sungguh indah mempesona.

Kesibukan warga yang sedang bertani di pagi hari menjadi panorama yang eksotis di sisi-sisi jalan menuju ke lokasi Kedung Pedut. Adanya sawah yang luas serta terasering menambah nuansa perdesaan yang teduh dan asri. Rentangan sawah yang luas serta terasering yang berlekuk menawan menambah nuansa pedesaan yang teduh dan asri.