Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Selain terkenal dengan sarat akan nilai sejarah, sekarang Candi Borobudur menjadi buruan wisatawan untuk menikmati matahari terbit(sunrise). Dini hari sebelum waktu subuh, wisatawan telah berdatangan, karena mereka tidak ingin kehilangan momen indahnya matahari terbit di balik stupa Candi Borobudur. Kamera pun telah mereka siapkan untuk mengabadikan detik-detik sunrise.

Apabila Anda ingin menikmati sunrise di Candi Borobudur, pastikan memilih waktu yang tepat. Yaitu saat musim kemarau yang biasa terjadi pada bulan April sampai September. Pada bulan-bulan tersebut, pemandangan langit sangat cerah sehingga Anda dengan jelas bisa melihat keluarnya matahari dari ufuk timur. Agar tidak kelewatan menyaksikan detik-detik matahari terbit, Anda juga harus datang di area Candi Borobudur sebelum pukul 05.00.

Baca juga: Rental Mobil Jogja Murah

Tempat yang terbaik untuk menikmati sunrise di Candi Borobudur adalah di Hotel Manohara, yang terletak di kawasan kompleks Candi Borobudur. Dengan menginap di sana Anda bisa masuk ke candi pada pukul 04.00. Yang mana, pintu masuk candi dibuka pukul 06.00 untuk selain pelanggan Hotel Manohara.

Walaupun tidak menginap di Hotel Manohara karena tarif yang agak mahal daripada hotel lain, karena tarif paling rendah Rp 1,5 juta, Anda bisa mengambil paket sunrise yang disediakan oleh pihak hotel. Anda hanya mengeluarkan biaya Rp 220.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 320.000 untuk wisatawan mancanegara Anda sudah dipandu oleh pemandu yang profesional. Mereka menemani Anda dan mengarahkan bagaimana mengambil spot-spot untuk foto agar Anda bisa berfoto dengan mempesona dan tentunya Anda bisa menikmati keindahan detik-detik sunrise.

Selain sunrise di Hotel Manohara, Anda bisa menikmati sunrise yang tak kalah bagusnya yaitu di Bukit Punthuk Setumbu. Bukit ini berjarak 5 km dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur.

Bukit Punthuk Setumbu yang terkenal dengan sebutan Borobudur Nirwana Sunrise ini berada di ketinggian 400 meter dari permukaan air laut. Sehingga dengan jelas, Anda bisa menikmati keindahan sunrise dari balik stupa Candi Borobudur.

Apabila Anda menikmati sunrise pada waktu-waktu tertentu, saat matahari terbit diantara dua pegunungan yaitu di sebelah utara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, sedang di sebelah selatannya hamparan Bukit Menoreh, Anda mendapatkan momen sunrise yang paling sempurna. Sangat Indah. Apalagi ketika dari balik pepohonan muncul kabut tipis, semakin eksotis pemandangan sunrise Anda. Anda tak kan pernah melupakan momen ini.